LAB KOMPUTER

STUDY TOUR SMA N 1 LEMPUING 2018

>> Kamis, 10 Januari 2019

Setelah menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS), siswa dan siswi bisa bernapas lega karena sekolah SMA N1 Lempuing mengadakan study tour Yogyakarta – Bandung untuk siswa dan siswi kelas XI, sudah suatu  tradisi dari tahun ke tahun yang bertujuan agar siswa dan siswi mampu  mengembangkan minat dalam mencari ilmu penngetahuan serta pengalaman di luar daerah. Dengan diadakan study tour siswa dan siswi bisa megetahui tempat bersejarah  dan berfikir seberapa pentingnya situs-situs warisan budaya, agar siswa dan siswi tidak terjerumus akan dunia digital saat kini. Tidak hanya untuk belajar siswa dan siswi dapat me-refres pikiran dan berinteraksi secara langsung terhadap masyarakat setempat dan mampu mengetahui bahasa yang terdapat di sana. Wilayah di  Yogyakarta yang di kunjungi diantaranya;
1. Musium H.M Soeharto Presiden RI Ke-2
Musium H.M Soeharto Presiden RI Ke-2
Museum yang diresmikan pada tahu 2013 oleh H Probosutedjo, Mbak Tutut ( salah satu putri beliau) dan banyak pejabat lainnya. Pembangunan museum HM Soeharto diprakarsai oleh keluarga besar HM Soeharto atas inisiatif dari H. Probosutedjo (salah satu adik dari HM Soeharto). Museum ini dibangun  di tanah kelahiran pak Harto yang terletak di Desa Kemusuk Argomuiyo Bantul Yogyakarta. Didalam museum ini menceritakan tentang HM Soeharto, mulaii dari era penjajahan hingga menjadi Presiden RI.

Pantai Parang Tritis
2. Pantai Parang Tritis
Yaitu suatu tempat wisata yang terkenal di Yogyakarta. Dengan hamparan pasir putih nan indah serta hamparan gelombang yang cocok untuk berselancar, banyak wisatawan yang memadati pantai untuk menghabisi waktu liburan bersama dengan berliibur disana. Disana wisatawan dapat beerfoto dengan sepuasnya karena pemandangannya sangat indah.



3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Teknik Mesin

Berdirinya Jurusan Pendidikan Teknik Mesin dimulai dengan dibukanya kursus BI/BII oleh kementrian PD dan K pada tahun 1956 yang bertujuan untuk meningkatkan tenaga pengajar pada sekolah-sekolah teknik di seluruh Indonesia. Pada tahun 1961 berdasarkan surat keputusan surat keputusan Menteri PD & K No. 7/1961 tanggal 7 Februari Fakultas Keguruan dan Iimu Pendidikan Bagian teknik (FKIP Bagian Teknik) dengan dua jurusan yaitu jurusan mesin dan jurusan bangunan. Sebagai upaya menyosong perubahan tersebut maka mulai tahun1997 dibuka program studi baru yaitu Program Studi Teknik Mesin jenjang Diploma 3. Hingga kini jurusan Pendidikan Teknik Mesin memiliki 2 program studi yaitu Program Pendidikan Teknik Mesin (S1) dan Program Studi Teknik Mesin (D3) 

4. Gembira Loka ZOO Yogyakarta
Setelah melewati loket wisatawan akan disambut dengan sebuah taman yang cukup luas, diantara jalan ini ada sebuah museum yang sedang di  kembangkan lebih baik lagi, sehingga bisa dijadikan sarana pembelajaran tenntang hewan. Taman yang disajikan oleh pihak pengelola pun cukup luas dengan yang tak kalah luas ditengahnya, pun terasa sejukmenyegarkan mata. Banyak wahana yang bisa dicoba, seperti speed boat, naik jerapah, becak air, berkeliling dengan menggunakan keretaa mini atau naik gajah dan foto dengan burung-burung yang imut dan lucu. Ada berbagai macam koleksi heewan yang  bisa dinikmati di tempat ini. Mereka berada dalam sebuah kandang yang disesuaikan dengan kondisi alam mereka. Sehingga, para binatang pun tetap nyaman. Sebagai taman hiburan yang informatif, ssetiap kandang diberi papan informasi tentang penyebaran hewan dan bagaimana keadaan hewan saat ini. Para wisatawan pun bisa belajar banyak dari papan-papan ini. Ada pula atraksi para hewan yang pasti akan mamukau setiap wisatawan yang berkunjung.

5. Candi Borobudur
Candi Borobudur
Candi borobudur merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah terkenal sampai ke seluruh dunia bangunan ini merupakan candi budha terbesar di dunia dan ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oeh UNESCO. Bentuknya yang megah dan detail arsitekturnya yang unik membuat semua orang ingin mengunjungi Borobudur yang penasaran
dengan ceritanya, Borobudur mencuri perhatian dunia sejak HC Cornelius menemukan lokasinya atas perintah Sir Thomas Stamford Raffles pada tahu 1814. Pekerjaan menggali lokasi di duga monumen besar kemudian dilanjutkan oleh Hotman salah satu pejabat pemerntah Belanda yang saat itu para arkeolog berlomba lembaga mencari tahu asal usul Candi Budha terbesar di dunia ini.

6. Alur-alur Utara Yogyakarta
Alun-alun Utara Yogyakarta
Alun-alun menjadi sebuah ruang publik yang bisa dimanfaatkan oleh setiap orang. Di sini dapat dijumpai berbagai macam pedagang kaki lima yang mengelilingi alun-alun dari pagi hingga malam. Pada waktu tertentu, seperti Pekan Raya Sakaten, Perayaan Grebeg Maulid Nabi, serta Upacra keraton lainnya. Alun-alun lor aka menjelma sebagai ssebuah tempat yang ramai dan dipadati banyak orang karena acara-acara tersebut selalu digelar di alun-alun ini.


7. Malioboro
Jl. Malioboro
Malioboro merupakan perbelanjaan yang legendaris dan menjadi salasalu kebanggaan Yogyakarta. Penamaannya berasal dari dari anggota kolonisl Inggris yang dahulu pernah menduduki Yogyakarta pada tahun 1811-1816 M yang bernama Marlboroug. Malioboro menyajikan berbagai aktivitas tradisional sampai dengan aktivitas belanja moderen. Salah satu aktivitas wisatawan selain pada siang hari juga pada malam hari yang berlanjut dengan adanya
nuansah makan malam yang disediakan warung-warung yang disediakan pada malam hari terutama setelah jam 21.00 WIB. Wisatawan akan terhibur oleh musisi jalanan yang mengunjungi lesehan tersebut sambil mengalunkan lagu tertentu.

8. Keraton Kesultanan Ngayogyakarta
Keraton Kesultanan Ngayogyakarta
Keraton Kesultanan Yogyakarta merupakan tempat destinasi yang banyak di kunjungi oleh wisatawan. Keraton merupakan tempat kesultanan Yogyakarta tinggal bersamanya  keluarganya. Kerato biasanya juga dijadikan tempat pertemuan antar sultan dalam hal perkembangan Yogyakarta, saat ini keraton yogyakarta beralih fungsi sebagai museum kebanggaan daerah Yogyakarta yang berisi sepeninggalan Raja Sri Hardiningrat dan Kesultanan dari awal hingga akhir. Saaat ini Keraton Yogyakarta diakui oleh UNESCO sebagai budaya benda dan budaya tak benda.

9. Pemandian Air Panas Ciater Bandung
Pemandian Air Panas Ciater Bandung
Lokasi wisata pemandian air panas Ciater berada di Lereng Gunung Tangkuban Perahu tempatnya ditepi JL.Raya Subang.Wiata kebun stroberry dan dikelilingi perkebunan teh yang asri,kesegaran udara gunung dan pemandangan indah disekeliling pemandian air panas ini,membuat daerah tersebut sebagai wisata outboud            .Fasilitas yang tersedia juga terhitung lemgkap,mulai dari kolam air panas,taman bermain anak,sertab fasilitas olahraga dan rumah makan serta penginapan atau hotel contohnya Bungalau.Selain fasilitasnya yang lengkap yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung adalah mata air panas yang sangat bermafaat untuk kesehatan. Setelah berkeliling dan bersanati sejenak di pemandian air panas kita daapat menyempatkan diri untuk berwisata kuliner untuk menikmati berbagai sajian mulai dari sate atau gulai yang dijual di warung-warung pinggir jalan Raya Subang.Selain itu bisa membeli oleh-oleh seperti dodol dan berbagai olahan lainya.


10. Tangkuban Perahu
Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu adalah gung yang terletek di Privinsi Jawa Barat.Gunung ini menjadi salah satu tempat wisata Bandung yang begitu ramai dikunjungi saat liburan baik oleh wisatawan lokal maupun asing. Gunung ini mempunyai ketinggian 2084 mdpl dan berada disekitar 20 km ke arah Utara dari kota Bandung,ketika berada diketinggian ini anda perlu menyiapjan baju hangat karena udaranya cukup dingin,yaitu 17 º C pada siang hari dan 2 º C pada malama hari. Disekitar gunung api juga tumbuh subur pohon-pohon pinus dan perkebunan teh.Yang membuat pemandanan disekitar gunung begitu indah.

Diharapkan dengan diadakan kegiatan study tour ini dapat memberi manfaat bagi sisawa dan guru, dan kedepannya kegiatan study tour ini dapat diadakan terus setiap tahunnya. Terimakasih atas perhatiannya dalam membaca artikel ini sukses selalu tentunya Have a nice day. OSIS2018/2019(Sekbid 5)-(Dony&Anisha)

0 komentar:

Posting Komentar


Powered by Team