LAB KOMPUTER

Cyber Crime UU ITE

>> Rabu, 11 April 2012

Komunitas dunia maya saat ini begitu banyak diminati oleh berbagai kalangan yang tidak mengenal batas usia dari anak-anak, remaja dan dewasa. Dari kalangan selebritis/artis, mahasiswa, pelajar, politikus, ibu rumah tangga, hingga pejabat pemerintahan. Begitu banyak trend mau tidak mau dianggap gaptek ikut nimbrung di dunia maya. Dari hanya coba-coba sampai ada yang mulai tidak bisa lepas dari yang namanya kecanduan teknologi berbasis web ini. Sebutlah E-mail, Google+, Facebook, Twiiter, My Space, Blog, IM, Mailing List dan sebagainya….

Seiring dengan kemajuan informasi teknologi yang begitu pesat dan maju ini. Membuat setiap kita dengan mudah mengakses berbagai komunitas yang ada di dunia maya mulai dari yang namanya Komputer yang menggunakan CPU, Laptop/Notebook, Smartphone, Blackberry, Iphone dan sebagainya. Bahkan tidak hanya sampai disitu, kita juga dengan mudah dapat mengakses Internet dengan memanfaatkan fasilitas jaringan hot spot yang bisa kita dapati di cafe-cafe, restoran, hotel, mall, gedung perkantoran hingga air port.

Gaul di dunia maya atau Internet memang membuat setiap kita mabuk kepayang apalagi jika terbebas dari yang nama biaya (gratisan) dari pagi sampai pagi lagi, kita mampu melototi layar dengan situs-situs yang kita jelajahi, atau sekedar chatting bahkan posting di wall teman seakan-akan dunia hanya milik berdua.
Gak ada kebebasan yang tanpa batas. Tapi, bukan berarti kita harus merasa terkekang. Kemajuan teknologi juga berarti jenis kejahatan makin canggih. Cukup dengan terkoneksi ke Internet kita bisa kembali menjalin hubungan dengan teman-teman lama. Tukar informasi, gosip, curhat, chatting, email-emaillan, dan sebagainya.

Masalahnya, kalau sudah mabuk kepayang gaul dan tebar pesona serta menuangkan ide dan curhatan, kita kerap lupa segalanya. Lupa waktu, lupa etika, lupa menjaga emosi, dan lupa menjaga perasaan teman serta pihak lain yang berhubungan dengan kita. Maka gak heran suka muncul perdebatan seru di milis, blog dan situs gaul, yang bahkan sampai mengemuka ke media massa. Gak sedikit yang jadi kasus hukum dan sampai ke pengadilan bahkan penjara!! Duh serem ya… Padahal kita pengguna Internet ini mayoritas cuma terjun langsung gitu saja, gaul di dunia maya gak pake netiket atau bahkan aturan hukum. Dalam bahasa belandanya Kwade Trouw yang berati dengan hati tidak jujur, dengan etikat jahat atau Ethiek/Zedelijkheid yang berarti kesusilaan, etika.

Netiket berasal dari kata netiquette, kependekan dari Internet etiqutte, alias etika Internet. Sama seperti gaul di nyata, gaul di dunia maya juga ada etikanya. Siapa yang gak mengindahkan etika ini akan dijauhin, diomongin, dan diogahi teman-temannya. Etika ini memang gak tertulis secara resmi seperti UU, sebab namanya saja etika, hanya semacam aturan gak resmi. Kenapa netiket diperlukan? Sebab sebagai manusia gaul kita juga butuh acuan dan panduan, dan netiket menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet. Ini bukan aturan yang serba membatasi atau bikin kamu bete karena dibawelin. Netiket justru melindungi kita sebagai pengguna! Sebab di Internet berkeliaran oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang mencari kesempatan untuk memanfaatkan kita.

Beberapa Aturan Netiket di dunia maya yang umum:
1.Amankan data pribadimu.
Pasanglah antivirus atau personal firewall. Ingat pada zaman ini yang namanya virus merajarela

Baca Selengkapnya...

1 komentar:

maengame dot net 10 November 2016 14.25  

Ini peringatan bagi kita, supaya lebih bijek dalam menggunakan internet,,

Posting Komentar


Powered by Team